Menjadi seorang blogger memang kegiatan yang menyenangkan. Bisa bertukar pikiran dengan sesama blogger di seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia, selalu update dengan informasi-informasi terkini dan tentu saja bisa menghasilkan rupiah.


Kebiasaan Buruk Blogger Yang Sebaiknya Dikurangi
Kebiasaan Buruk Blogger Yang Sebaiknya Dikurangi

Tidak perlu keluar rumah, cukup duduk di kamar dengan modal laptop sambil ditemani segelas kopi kita sudah bisa menjalani aktifitas blogging, menulis informasi-informasi bermanfaat untuk dibagikan keseluruh pengguna internet di seluruh dunia.

Tapi meskipun blogging adalah kegiatan yang menyenangkan dan juga positif, tidak bisa dipungkiri bahwa blogging juga dapat membawa dampak-dampak negatif pada diri kita, terutama bagi kehidupan kita sehari-hari di dunia nyata.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk blogger yang saya yakin hampir dialami oleh sebagian besar blogger. Meskipun bagi seorang blogger kebiasaan-kebiasaan buruk ini bisa dibilang wajar, tapi alangkah baiknya jika kita mampu menghindarinya atau paling tidak sekedar menguranginya.

Kurang Tidur

Kebiasan pertama yang menurut saya paling umum dialami oleh seorang blogger adalah kurangnya waktu tidur. Seorang blogger memang lebih sering menghabiskan waktu di malam hari ketimbang siang hari. Alasannya sederhana saja, karena blogging adalah kegiatan yang menguras pikiran yang menuntut kita untuk berpikir kreatif, mencari ide-ide dan juga inspirasi-inspirasi. Dengan melakukannya di malam hari kita bisa lebih nyaman karena tidak ada gangguan-gangguan suara brisik dan lainnya. Biasanya seorang blogger bisa menghabisakan waktu sampai jam tiga pagi bahkan sampai jam lima pagi. Dan jika bangun jam enam, maka waktu tidurnya hanya satu jam saja.

Entah kebiasaan ini perlu kita kurangi atau tidak yang jelas seperti yang kita tahu bahwa banyak sekali dampak-dampak buruk akibat kurangnya waktu tidur, terutama bagi kesehatan kita. Gampang terkena penyakit, pusing, tidak bisa konsentrasi dan lain sebagainya. Mungkin untuk yang satu ini kembali kepada pribadi masing-masing blogger. Untuk saya sendiri tetap tidak bisa menghilangkan kebiasaan ini, tapi sedang mencoba sebisa mungkin untuk menguranginya.

Jarang Mandi

Ini adalah kebiasan jorok seorang blogger, yaitu jarang mandi. Terlalu asik bermain-main dengan laptop sampai lupa kalau badan sudah bau tidak karu-karuan, dan akhirnya tidak mandi selama tiga hari tiga malam. Sebenernya tidak masalah jarang mandi, toh cuma mondar-mandir di dalam rumah doang, apalagi yang jomblo alias tidak punya pacar, mandi bukanlah hal yang wajib :D.

Tapi meskipun begitu yang namanya kebiasan jorok tetap saja jorok yang tentu saja banyak sekali dampak negatifnya. Seperti halnya kurang tidur, jarang mandi juga bisa berdampak pada kesehatan.

Jarang Keluar Rumah

Seperti yang kita tahu bahwa blogging adalah kegiatan yang cukup dilakukan di dalam rumah. Hal ini mau tidak mau membuat kita menjadi jarang keluar rumah. Apalagi jika kita sedang asik-asiknya blogging, malas sekali rasanya jika disuruh keluar rumah. Selain itu waktu yang seharusnya bisa kita pakai untuk berkumpul dengan teman malah dipakai untuk tidur dan facebookan.

Kebiasaan ini tentu saja akan sangat berdampak negatif, terutama bagi kehidupan sosial kita. Kita menjadi jarang berkumpul dengan teman, jarang bercengkrama dengan tetangga yang semua itu bisa mengurangi kemampuan berkomunikasi kita di dunia nyata. Saya sendiri sudah mulai merasakan dampak negatif dari kebiasaan ini. Mungkin kedepannya saya harus lebih bijak dalam mengatur waktu agar tetap bisa blogging tapi tidak melupakan dunia nyata.

Nah itulah beberapa kebiasan-kebiasaan buruk blogger yang sebaiknya dihindari. Sebenernya masik banyak kebiasan-kebiasaan buruk yang lainnya, dari hal-hal yang kecil. Namun disini saya hanya mengambil yang paling umum saja tapi jika sobat ingin menambahkan silakan saja.

2 komentar:

  1. Oh jadi gitu ya, Susah juga jadi seorang blogger ini ha ha :D

    BalasHapus
  2. Saya sebagai blogger sering tidur sampe jam 11 malam

    BalasHapus

Silahkan Sobat tinggalkan komentar dengan kata - kata yang Baik, Bijak dan Sopan.

Yang tidak diperbolehkan dalam berkomentar :
1. Komentar yang mengandung unsur SARA.
2. Komentar yang berbau PORNO.
3. Komentar Saling CACI MAKI.
4. Komentar yang Memasukan LINK IKLAN dan LINK AKTIF.

Saya harap Sobat dapat mematuhi aturan berkomentar yang saya buat. Jika ada komentar yang melanggar ketentuan tersebut diatas dan dianggap spam akan Saya Hapus. Atas kerjasama sobat sekalian saya ucapkan banyak Terima Kasih. Salam Sukses selalu untuk Sobat dan Salam Blogger.

 
Top